bingkai

*** KESELAMATAN KESEHATAN ITU PENTING KARENA, KESEHATAN ADALAH MAHKOTA TAK TERLIHAT DAN TIDAK ADA SEORANG PUN YANG DAPAT MELIHATNYA KECUALI MEREKA YANG SAKIT. DAN ILMU ADALAH PERUBAHAN KARENA DENGAN ILMU ANDA MERAIH KEHIDUPAN YANG SEHAT JASMANI DAN SEHAT BATIN ***TEMA UTAMA >> FORUM KESEHATAN SESUAI HASIL PENELITIANAN TIM MEDIS DAN CARA RASULULLAH

NHUR ILAHI HIJAU DAUN
Akbid Sumber Kasih Enrekang

POLA HIDUP SEHAT

Tips Pola Hidup Sehat
7 Tips Menghilangkan Jerawat March 2nd, 2012 | No Comments » Jerawat adalah salah satu masalah terbesar pada wanita.Adayang menggunakan obat-obatan untuk menghilangkannya, ada juga yang mencari solusi alami. Perbaikan gizi dan perawatan kulit yang baik adalah langkah awal dalam setiap proses penyembuhan jerawat. Berikut adalah tips menghilangkan jerawat dengan gizi dan perawatan kulit yang baik: 1.   Sabun Jerawat Anda harus mencuci muka dua kali dalam
PRIORITAS DINAS KESEHATAN TAHUN 2012


Ingin Kulit Anda Indah? Ikuti Tips Berikut

February 24th, 2012 | No Comments »
Ingin Kulit Anda Indah? Ikuti Tips Berikut Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Anda akan terlihat menarik jika kulit Anda sehat dan bercahaya. Tidak itu saja, ketika tubuh Anda memiliki kulit yang terawat, Anda akan merasa percaya diri untuk dapat beraktifitas kapanpun dan dimanapun Anda inginkan. Ikuti tips kecantikan sederhana ini namun sangat efektif yang dapat membuat kulit
1.   Sabun Jerawat
Anda harus mencuci muka dua kali dalam sehari, sebagai salah satu solusi alami untuk jerawat Anda adalah dengan menggunakan sabun cuci muka khusus untuk kulit berminyak. Anda harus mencuci muka di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.
2.   Tidak Ada Rambut Di Wajah
Tidak peduli bagaimana trendigayarambut Anda, yang jelas jika rambut Anda menutupi wajah akan mengakibatkan timbulnya minyak yang bisa menyebabkan jerawat. Hal lain yang harus Anda lakukan adalah mencuci rambut setelah pergi beraktifitas di luar rumah.
3.   Multi-vitamin
Dalam beberapa kasus jerawat diakibatkan karena tubuh Anda kurang asupan vitamin. Inilah sebabnya salah satu solusi alami jerawat adalah mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh sehat, jerawat pun hilang.
4.   Khrom
Selain digunakan untuk menurunkan berat badan, zat ini juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk jerawat karena membantu menyembuhkan infeksi kulit.
5.   Beta-Karoten
Selain baik untuk mata Anda, Beta-karoten bisa dipakai sebagai salah satu solusi alami jerawat yang dapat memperkuat jaringan kulit dan mencegah munculnya jerawat. Pada saat yang sama Beta-karoten adalah antioksidan yang akan membantu membuang racun di dalam tubuh Anda.
6.   Bersihkan Segera Make up
Obat alami sederhana lainnya adalah dengan membersihkan make up anda segera setelah sampai rumah. Make up bisa menyumbat pori-pori, sehingga Anda akan memiliki lebih banyak jerawat dan komedo.
Cantik+

4 Vitamin Untuk Kesehatan Rambut

February 21st, 2012 | No Comments »
4 Vitamin Untuk Kesehatan Rambut Protein dan mineral memang merupakan hal penting untuk kesehatan rambut. Namun, vitamin rambut tidak kalah penting guna menjaga agar rambut tetap sehat. Memang benar protein adalah zat utama dalam pembuatan rambut, tapi vitamin ikut membantu protein untuk menjaga rambut Anda agar lebih bercahaya, indah dan sehat. Kalau begitu jenis vitamin apa saja yang bisa menyehatkan
1. Cobalah Untuk Menghindari Emosi
Ini adalah tips paling penting dan benar-benar sangat efektif untuk mendapat kulit yang awet muda. Abaikan emosi dan amarah saat Anda menghadapi situasi kritis. Langkah ini tidak hanya akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat, namun Anda juga akan menjadi orang yang ramah dan murah senyum dengan kepribadian yang baik.
2. Lindungi Kulit
Saat Anda sedang berada di luar ruangan, khususnya saat mentari sedang baik hati memancarkan sinar ultravioletnya ke seluruh penjuru bumi, sebaiknya Anda menggunakan pelindung berupa tabir surya. Pasalnya, terpapar sinar UV terlalu ekstrim bisa menyebabkan penuaan pada kulit. Jadi, jika ingin mendapatkan kulit yang bercahaya dan awet muda oleskan setiap hari krim tabir surya untuk perlindungan terbaik bagi kulit Anda.
3. Minum Banyak Air
Cara sederhana, tapi sulit untuk melakukannya. Mulai sekarang minumlah air paling sedikit 10 sampai 12 gelas untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan tentunya akan menjadikan kulit Anda lebih segar.
4. Diet Sehat Dengan Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran Segar
Buah dan sayuran segar adalah sumber yang baik untuk mendapatkan vitamin yang penting untuk kulit sehat. Sehingga jika Anda menambahkan buah dan sayuran dalam setiap diet harian, kulit indah yang Anda impikan akan terwujud.
5. Pijat Dan Pelembab
Jika umur Anda di atas 30, kulit Anda perlu dipijat setidaknya sekali dalam seminggu, dan jika umur Anda dibawah 30, pijatlah kulit Anda sekali dalam dua minggu. Anda bisa pergi ke tempat khusus pemijatan kulit professional untuk melakukan ini.
6. Pengelupasan
Hal Ini adalah cara terbaik untuk menjaga kulit Anda supaya lebih hidup dengan menyingkirkan sel-sel mati dari lapisan atas kulit Anda sehingga  kulit mati Anda akan terkelupas setelah 20 sampai 25 hari secara teratur.
7Olahraga Secara Teratur
Rutin olahraga mulai sekarang. Dengan olahraga secara teratur seperti jalan pagi akan mendapatkan tubuh yang sehat, pikiran yang sehat, dan tentunya kulit yang sehat.
8. Jangan Merokok Dan Hindari Alkohol
Jika Anda mencintai diri Anda sendiri, berhentilah meroko dan alkohol sekarang juga. Rokok dan Alkohol tidak hanya merusak kesehatan Anda, tetapi juga memberikan tampilan yang tua pada kulit dan membahayakan bayi yang sedang dikandung.
9. Tidur Cukup
Anda harus tidur minimal delapan jam dalam dua puluh empat jam. Dan ingat, waktu tidur terbaik adalah malam hari. Jika Anda memiliki kebiasaan buruk tidur larut malam ubahlah gaya hidup Anda. Ingin mendapatkan kesehatan dan kesuksesan? Ingatlah kata-kata ini, Early to Bed Early To Rise Make A Man Healthy,Wealthy And Wise.
10. Suplemen
Suplemen berperan dalam memenuhi kebutuhan gizi Anda sehingga membantu kulit Anda menjadi sehat. Minumlah suplemen dan vitamin untuk kulit sehat dan tubuh yang kuat.
Sehat+

Manfaat Protein Untuk Menyembuhkan Luka Operasi

February 20th, 2012 | No Comments » Manfaat Protein Untuk Menyembuhkan Luka Operasi Tahukah Anda, selain bermanfaat untuk membantu penyembuhan berbagai penyakit, protein juga bisa membantu menyembuhkan luka operasi. Protein merupakan faktor penting dalam setiap langkah penyembuhan luka. Tubuh bisa menyembuhkan luka dalam tiga tahap yaitu peradangan, kemudian pembentukan jaringan, lalu yang terakhir dengan remodeling kulit. Protein bekerja baik untuk merangsang dan mereproduksi kulit yang sehat dan sistem [...]
Sehat+

Menjaga Kesehatan Hati

February 13th, 2012 | 1 Comment »
Menjaga Kesehatan Hati Apakah Anda pernah merasakan beberapa penyakit berikut ini: Kelelahan, gangguan pencernaan, depresi, kolesterol tinggi, alergi atau sensitive terhadap bahan kimia, ketidakseimbangan hormone, jerawat atau pusing? Jika jawaban kamu lebih dari satu, inilah saatnya untuk melakukan detoksifikasi dan meningkatkan kesehatan hati. Hati merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang memiliki berbagai fungsi kesehatan. Lima [...]

  • Detoksifikasi: Hati menjadi penyaring dari berbagai macam racun, bahan kimia dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh serta membersihkan hormone-hormon seperti oestrogen.
  • Menormalkan lemak darah: Hati bertanggung jawab menjaga jumlah kolesterol yang ada dalam darah dan membawa protein HDL LDL dan VLDL yang menjadi transportasi lemak darah di tubuh.
  • Menormalkan protein darah seperti albumin: Albumin mengatur volume darah sekaligus mengantarkan molekul-molekul nutrisi dalam tubuh.
  • Tempat penyimpanan glycogen: Tubuh kita menyimpan gula dalam bentuk glycogen. Jika kemampuan tubuh untuk menyimpan glukosa tidak memadai, gula darah rendah dan gejala hypoglycaemic akan terjadi.
Jika Anda punya akuarium tempat memelihara ikan, Anda pasti tahu apa yang akan terjadi pada akuarium tersebut jika Anda tidak membersihkan penyaringnya. Tidak rutin membersihkan filter akan menyebabkan akuarium menjadi kotor, ikan-ikan akan berenang di air kotor dan kesehatan ikan sendiri akan terganggu.
Skenario ini serupa dengan cara bekerja hati di dalam tubuh. Tidak memperhatikan kebersihan dan kesehatan hati akan membuat kita mudah sakit. Seperi telah disebutkan, salah satu fungsi hati adalah sebagai pembersih dan detoksifikasi dalam tubuh Jadi jika kita ingin terus sehat dan bisa tetap beraktivitas tanpa gangguan kesehatan, memang sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan hati. Dengan melakukan perubahan gaya hidup dan sedikit diet serta mengkonsumsi nutrisi herbal, Anda bisa mengembalikan fungsi hati serta meningkatkan kesehatan dan vitalitas Anda.
  • Hindari obat-obatan, rokok, alcohol, kafein, makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet.
  • Hindari terekspos bahan-bahan kimia seperti pestisida, herbisida, organic solvents dan polycylic hydrocarbon (seperti daging yang dimasak dalam temperature yang sangat tinggi).
  • Mengkonsumsi kudapan yang mengandung karbohidrat kompleks (40 – 50% kalori), rendah lemak (30% kalori) dan protein (20 – 3-% kalori).
  • Meningkatkan asupan makanan yang menunjang fungsi hati seperti buah beet, artichoke, ubi jalar, bawang, bawang putih, sayuran berdaun hijau, apel dan lemon.
  • Hindari makanan yang bisa menyebabkan alergi
  • Makan makanan organic
  • Minum air putih bersih.
Sebelum melaksanakan ritual membersihan dan mengembalikan fungsi hati tersebut, disarankan untuk menemui dokter untuk berkonsultasi tentang kesehatan Anda.
Olahraga+

Sisipkan Olahraga Dalam Kegiatan Harian

Sisipkan Olahraga Dalam Kegiatan Harian Banyak orang beralasan tidak punya cukup waktu untuk berolahraga. Dalam aktivitas harian yang sibuk, dimana kita bisa menyusupkan olahraga? Semua itu lantaran olahraga kerap dipersepsikan sebagai aktivitas yang wajib terorganisir yang butuh dijadwalkan dan memperdalam kocek.  Namun kenyataan yang menggembirakan adalah olahraga tidak butuh banyak waktu. Nikmati saja berolahraga saat melakukan kegiatan sehari-hari. Selain bisa meningkatkan kesehatan, juga dapat mereduksi resiko terserang penyakit kronis.
Lalu apa yang dimaksud dengan olahraga dalam kegiatan harian? Anda cukup melakukan perubahan kecil di setiap aktivitas yang Anda lakukan setiap hari. Semisal, mengurangi frekuensi penggunaan escalator dan mulai menggunakan tangga. Parkir lebih jauh dari biasanya dan perbanyak berjalan kaki ke lokasi yang dituju. Jika Anda menggunakan moda transportasi umum seperti bis, Anda bisa turun beberapa blok sebelum tujuan. Coba berjalan kaki bersama keluarga atau bermain di alam terbuka bareng anak-anak. Olahraga pada kegiatan harian seperti ini bisa mendongrak kesehatan kardiovaskuler dan membakar kalori sepanjang hari. Yang tentunya bakal membantu Anda menghilangkan bobot tubuh berlebih yang menyebalkan.
Olahraga kardiovaskuler mampu mengurangi resiko terserang berbagai penyakit seperti diabetes, serangan jantung, osteoporosis dan masih banyak lagi. Kegiatan ini juga terbukti bisa mereduksi jumlah kematian di usia lanjut dan memperlambat proses penuaan. Pendek kata, jika Anda menginginkan kesehatan yang optimal, bergeraklah!
Sehat+

Mereduksi Resiko Serangan Jantung

Mereduksi Resiko Serangan Jantung Serangan jantung membunuh orang lebih banyak di negara berkembang dibanding lokasi manapun di seluruh penjuru dunia. Faktor resiko dari serangan jantung mulai dari gaya hidup atau kulitas biological dan berbagai karakteristik yang bisa meningkatkan peluang orang terjangkit penyakit tersebut. Berikut 15 resiko yang bisa meningkatkan serangan jantung (namun jangan mengabaikan faktor lain yang tidak terdapat
Faktor Genetis
Informasikan ke dokter tentang sejarah keluarga Anda dan faktor genetis terkait serangan Antung dan stroke.
Diabetes
Pergilah ke dokter dan tes darah Anda untuk memastikan apakah Anda memiliki resiko diabetes atau tidak. Jika Anda terjangkit diabetes, ikuti perintah dokter secara berhati-hati dan rubahlah gaya hidup Anda.
Merokok
Berhenti merokok. Jika Anda tidak bisa berhenti sendiri, coba minta bantuan dokter.
Tekanan Darah Tinggi
Apakah tekanan darah Anda dicek secara regular? Tekanan darah di atas 115/75 meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan butuh perawatan lebih lanjut.
Kurang Olahraga
Anda bisa mulai berolahraga sekarang juga. Biarkan tubuh Anda terus bergerak. Jika Ada resiko lain, jangan ragu untuk menemui dokter dan meminta pengarahan.
Peningkatan Lipid
Sudahkah Anda memantau jumlah lipid dan kolesterol di dalam tubuh Anda? Jika jumlahnya meningkat, segera konsultasikan dengan dokter dan kemudian hindari faktor-faktor yang bakal membuat kadarnya terdongkrak diikuti dengan gaya hidup sehat.
Kurang Buah dan Sayur
Makan cukup buah dan sayur setiap hari. Atioksidan dan phytonutrients membuat buah dan sayuran memiliki warna yang berbeda-beda. Jadi kombinasikan warna buah dan sayur yang Anda makan tiap hari. Mengkonsumsi buah dan sayur lebih variatif meningkatkan proteksi terhadap serangan penyakit.
Depresi
Jika Anda memiliki lebih dari tiga gejala depresi, temui dokter, counselor atau psikiater. Gejala depresi antara lain: perubahan pola makan, perubahan pola tidur, sulit membuat keputusan, temperamental, kurang motivasi, kurang tertarik terhadap hal yang sebelumnya membuat Anda gembira).
Stress
Coba untuk mengidentifikasi hal-hal yang menyebabka stress dan reduksi berbagai imbas negatifnya sesegera mungkin dengan menembui dokter, counselor atau psikiater.
Homocysteine
Coba cek level Homocysteine dalam tubuh Anda. Homocysteine adalah asam amino yang menurut riset terkait dengan peningkatan resiko serangan jantung koroner dan stroke. Jika meningkat, temui dokter dan mulailah mengkonsumssi suplemen Vitamin B.
Hypothyroidism
Periksa jumlah thyroid dalam tubuh Anda, termasuk TSH.
Kurang Omega-3 Saat Diet
Jadikan makanan yang kaya akan omega-3 sebagai bagian dari diet Anda. Jangan lupa kosultasi dengan dokter telebih dahulu sebelum Anda mulai mengkonsumsi suplemen omega-3.
Peningkatan Inflamasi
Minta pengetesan tingkat C-reactive protein kepada dokter Anda. C-reactive protein adalah protein yang ditemukan dalam darah dan bisa menjadi indikasi terjadinya inflamasi
Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Olahraga
Manfaat Minum Teh Hijau Sebelum Olahraga Kita sudah tahu banyak manfaat yang diberikan teh hijau untuk kesehatan tubuh . Tapi adakah manfaat yang diberikan teh hijau untuk tubuh sebelum melakukan olahraga?menurut berbagai sumber, minum teh hijau sangat bermanfaat untuk tubuh sehingga tubuh menjadi lebih bugar sewaktu kita olahraga.
Membantu memulihkan badan. Atlet yang minum teh hijau sebelum olahraga menghasilkan polifenol pelindung lebih dalam darah mereka sebelum dan setelah latihan. Temuan lainnya adalah menghasilkan 37 persen lebih tinggi dari protein yang disebut glutathione, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif yang disebabkan oleh kerusakan dari radikal bebas. Para peneliti menyimpulkan bahwa teh hijau memberikan manfaat yang signifikan bagi peserta olahraga.
Ekstrak teh hijau atau green tea extract bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas daya tahan dan mendukung hipotesis bahwa stimulasi pemanfaatan asam lemak adalah untuk  meningkatkan kapasitas daya tahan tubuh,” hal ini disampaikan oleh Takatoshi Murase, Satoshi Haramizu, Akira Shimotoyodome, Azumi Nagasawa-san dan Ichiro Tokimitsu, yang bekerja di Kao Corp, pembuat  produk kesehatan Jepang, termasuk minuman teh hijau dalam penelitian berjudul, Green tea extract improves endurance capacity and increases muscle lipid oxidation in mice.”
Menurunkan berat badan,Minum secangkir teh hijau sebelum latihan bisa membuktikan untuk mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak.  Para peneliti di Universitas Birmingham menunjukkan Sebuah penelitian beberapa cangkir teh hijau sebelum olahraga dapat membantu membakar lemak.  penelitian terbaru mengatakan, teh hijau membantu  membakar  17
persen lebih lemak selama latihan 30 menit.


ARTIKEL LAIN

  1. Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik

  2. Sedapat mungkin hindari bahan pangan atau bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.

  3. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach). Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat, merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan. Perbanyak makan buah dan sayuran.

  4. Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

  5. Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

  1. Pembiayaan Yankes Keluarga Miskin dan Kurang Mampu;
  2. Pelayanan Sistem Jaminan Kesehatan  Daerah;
  3. Penanggulangan dan Pengendalian  DBD, TBC, Flu Burung, Flu Babi (H1N1), HIV/AIDS dan Narkoba;
  4. Peningkatan  Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak Balita (KIBBLA);
  5. Peningkatan Kualitas Kesehatan Lingkungan;
  6. Sistem Informasi, Promosi, dan Sosialisasi Program – Program Kesehatan;
  7. Peningkatan  Pengawasan Obat dan Makanan;
  8. Pembangunan Fasilitas Rawat Inap di Puskesmas Kecamatan;
  9. Peningkatan  Pelayanan Gadar dan Bencana Kesehatan;
  10. Peningkatan Mutu SDM dan Penertiban  SDM Kesehatan;
  11. Peningkatan Status Gizi Masyarakat;
 



Jika Anda Mau Memberi Komentarx Klik Banner berikut Ini !!!